Amirz234: CARA MENGECEK STATUS AKUN PAYPAL ANDA TERVERIFIKASI DAN TERKONFIRMASI

Sabtu, 25 Maret 2017

CARA MENGECEK STATUS AKUN PAYPAL ANDA TERVERIFIKASI DAN TERKONFIRMASI

66e3a-paypal
 PAYPAL CLASSIC INTERFACE


1. Mengecek Status Akun PayPal Terverifikasi atau Belum (Verified/Unverified PayPal Account):

Dengan adanya tampilan PayPal yang baru (New Interface) yang tidak seperti tampilan lama (Old/Classic Interface/View) maka beberapa info/status pada akun PayPal tidak dapat langsung terlihat/hidden by default seperti apakah sudah terverifikasi (verified) ataupun belum terverifikasi (unverified) dsb. Hal ini berlaku pada tampilan standar akun Personal/Bisnis PayPal baik di browser/PC maupun di aplikasi mobile PayPal (Android/iOS).

Jika anda sudah berhasil sebelumnya melakukan verifikasi akun PayPal dengan Kartu Kredit/Debit, ataupun dulu dengan Rekening Bank dan Verifikasi Manual Identitas (KTP/ID) dan Utility Bill (sewaktu masih bisa dilakukan di Indonesia beberapa tahun yang lalu, sekarang sudah tidak bisa lagi) namun ingin mengecek kembali status akun PayPal anda (PayPal Verification Status), maka anda juga bisa mengklik link (Classic Interface) dibawah ini dan login untuk mengetahui status akun PayPal anda saat ini (gunakan mode browser).
PayPal Account Verification Status:


Jika status akun anda sudah terverifikasi, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

4

Selain shortcut link langsung/praktis diatas anda juga masih dapat menemukan status verifikasi dalam tampilan baru akun PayPal anda meskipun seperti yang sudah dijelaskan diatas pada tampilan yang baru statusnya tidak langsung/agak tersembunyi/hidden by default dan harus mengklik beberapa kali tidak seperti tampilan classic sebelumnya yang selalu langsung terlihat di front page.

Scroll kebawah (mode browser/PC) lalu klik berdasarkan urutan: "BANTUAN & KONTAK" -> "Rekening Saya" -> "Verifikasikan rekening anda" -> "Bagaimana cara memverifikasi rekening saya" -> klik hyperlink "memverifikasi rekening PayPal anda". Status PayPal anda juga akan terlihat disitu:

1
2
4
4


Karena salah satu indikator/benefit bagi pemilik akun PayPal yang terverifikasi adalah diangkatnya batas pengiriman dan penarikan (biasanya untuk akun belum terverifikasi limit/batas penarikan sekitar $10.000 USD/bulan. Untuk limit belanja/kirim pembayaran dari kartu kredit/kartu debit yang belum terkonfirmasi ataupun dari akun PayPal yang belum terverifikasi dulu adalah $100 USD namun mungkin sekarang sudah tidak lagi berlaku untuk akun Indonesia/berubah/berbeda tiap negara/akun sesuai policy and risk analysis/management pihak PayPal termasuk opsi pembayaran tanpa akun PayPal/express checkout dengan PayPal sebagai payment gateway biasa i.e Ebay etc), maka anda dapat juga mengklik "Lihat jumlah yang dapat Anda kirim dengan PayPal" didalam akun PayPal anda untuk mengetahui status akun PayPal anda (gunakan mode browser):

1

Jika status akun anda sudah terverifikasi, maka akan ada tampilan seperti dibawah ini (Batas Pengiriman dan Penarikan dihilangkan):

2


Juga dapat terlihat untuk akun PayPal Indonesia dari Profile yang sudah 100% (jika tidak tertutup foto profil), juga tiga status "Rekening (akun PayPal) dibuat", "Alamat email dikonfirmasi", dan "Kartu (Kredit/Debit) ditambahkan" dengan tanda centang hijau (untuk akun PayPal Indonesia penambahan Rekening Bank adalah optional, hanya untuk penarikan/withdrawal dana saja):

5

Dengan status PayPal yang sudah terverifikasi maka akun serta identitas anda akan dapat lebih dipercaya oleh pihak PayPal dan merchant ataupun pihak ketiga lainnya ketika anda bertransaksi dsb dengan PayPal.

Status terverifikasi pada dasarnya adalah status khusus yang diberikan ketika data identitas pengguna akun telah diuji kebenarannya dan memenuhi persyaratan yang diminta (juga sesuai prinsip KYC/Know Your Customer untuk mencegah tindak penyalahgunaan seperti fraud, money laundering dsb). Dengan status akun yang terverifikasi biasanya pemilik akun akan mendapatkan benefit khususnya berupa trust yang lebih tinggi serta diangkatnya batas pengiriman dan penarikan pembayaran.

PayPal didunia juga secara umum lebih sering dipakai daripada payment gateway lainnya baik untuk transaksi online lokal maupun global/cross border secara cepat dan praktis seperti halnya kartu kredit. Jika beberapa Payment Gateway lainnya seperti Skrill dan Neteller mewajibkan persyaratan verifikasi identitas (KYC) yang terkadang "ribet" seperti upload Proof of Identity, Proof of Address ataupun data dokumen legal lainnya diawal untuk pengguna baru, maka PayPal sebaliknya menerapkan cara verifikasi yang paling simple diawal pada pengguna baru yaitu cukup hanya dengan pencocokan data institusi keuangan yang legal seperti menkonfirmasi rekening bank dan kartu kredit. Inilah salah satu hal yang membuat pemakaian PayPal sangat populer.


Bagaimanapun juga permintaan "verifikasi lanjutan" dengan data dokumen legal seperti Proof of Identity dsb disertai pembatasan/limit aktivitas akun dari pihak PayPal (yang sering kita kenal sebagai istilah "Terkena Limit/Suspended/Limited Account") terkadang dapat saja terjadi kemudian berdasarkan antara lain pertimbangan "Risk Model/Assessment" tertentu sistem PayPal pada case sesuai jenis atau pola (pattern) aktivitas akhir akun yang dianggap tidak biasa/mencurigakan (suspicious activities) atau "beresiko tinggi". Misalnya terkadang jenis akun bisnis atau yang terlalu sering menerima pembayaran dalam jumlah besar mungkin saja dianggap jauh lebih "high risk" daripada jenis akun personal atau yang hanya dipakai berbelanja saja, juga login dari IP Address negara/lokasi lain dan device yang jauh berbeda, dsb, sehingga pada akun/aktivitas yang dianggap jauh lebih "high risk" dari biasa ini tahap "verifikasi lanjutan" kadang/mungkin saja "diperlukan" (bisa acak/random).

Bahkan tanpa adanya limited account namun terkadang beberapa aktivitas dan transaksi yang tidak biasa (unusual activities) mungkin bisa saja diblok temporer oleh sistem keamanan PayPal (Security Measure) untuk melindungi dan menjamin keamanan para pemilik akun PayPal (khususnya yang baru ataupun jarang/lama tak dipakai) berdasarkan risk analysis/management yang sama.

Pada beberapa kasus pelanggaran berat TOS PayPal atau yang dianggap sangat high risk akun PayPal juga kemungkinan bisa saja dibanned permanen (permanently limited) termasuk kemungkinan pembuatan dan penggunaan akun PayPal baru kedepannya dengan data identitas yang masih sama.

Namun jangan khawatir hal-hal diatas tersebut sangat jarang terjadi apabila anda beraktivitas dan bertransaksi secara legal dan wajar, apalagi dengan akun PayPal yang sudah lama verified dan in good standing.

Singkatnya, meskipun sebenarnya tidak selalu diwajibkan namun dengan status akun PayPal yang sudah terverifikasi maka anda akan mendapatkan trust yang lebih tinggi dari sesama pengguna PayPal khususnya dari pihak merchant dan PayPal sendiri serta lebih dapat meminimalisir (bukan menghilangkan) resiko seperti kegagalan tansaksi, terkena limit dsb.

Setiap akun PayPal yang belum maupun yang sudah terverifikasi masing-masing tetap dapat melakukan transaksi pembayaran, penerimaan, serta penarikan dana, meskipun akun yang sudah terverifikasi tetap lebih mempunyai benefit seperti tingkat trust dan limit yang lebih tinggi sesuai yang dijelaskan diatas (terakhir untuk akun PayPal Indonesia yang belum terverifikasi maka limit/batas penarikan sekitar $10.000 USD/bulan atau ekivalennya dalam mata uang lain, dan jenis limit dapat berbeda tiap negara). Untuk limit belanja/kirim pembayaran dari kartu kredit/kartu debit yang belum terkonfirmasi dari akun PayPal yang belum terverifikasi dulu adalah $100 USD namun mungkin sekarang sudah tidak lagi untuk akun Indonesia/berubah/berbeda tiap negara/akun sesuai policy and risk analysis/management pihak PayPal. Untuk perlindungan penjual dan pembeli dari fraud/dispute (seller/buyer protection) maka setiap akun yang belum maupun yang sudah terverifikasi akan tetap mendapatkannya tanpa dibeda-bedakan oleh PayPal.

Note:

- Memasukkan "(nomor) kartu debit/debet" tidak sama dengan memasukkan "(nomor) rekening tabungan/bank" di PayPal (atau dimanapun). Meskipun berkaitan namun rekening tabungan dan kartu debit merupakan dua produk/tools perbankan yang berbeda baik fungsi dan fitur termasuk beberapa lainnya disini dsb.

- Memasukkan "(nomor) kartu debit/debet" berlogo Visa/Mastercard yang sudah support PayPal/online adalah ekivalen dengan memasukkan "(nomor) kartu kredit dan charge card" berlogo Visa/Mastercard/Amex/JCB/Discover dsb di PayPal (i.e untuk verifikasi/transaksi PayPal).

Jadi jika misalnya anda mendaftarkan data nomor rekening tabungan bank tertentu di PayPal dan berhasil melakukan withdrawal dana pembayaran dari PayPal ke rekening tabungan tersebut, meskipun tujuannya withdrawalnya ke saldo tabungan yang sama tapi secara teknis hal tersebut tidak sama dengan melakukan withdrawal dengan/ke kartu debit/ATM yang terlink ke tabungan tersebut dan begitu juga sebaliknya. Juga tidak wajib menambahkan kartu debit lagi yang terlink ke rekening tabungan yang sudah ada tersebut sebelumnya atau sebaliknya (kecuali jika memang belum ada CC/debit sebelumnya atau dibutuhkan untuk verifikasi. Untuk rekening/bank boleh sama boleh juga beda). Termasuk juga tidak wajib nenambahkan rekening tabungan/Bank yang sama dengan bank penerbit kartu kredit yang sebelumnya sudah ada di akun PayPal dst.


2. Mengecek Status Alamat PayPal Terkonfirmasi atau Belum (Confirmed/Unconfirmed Address):

Jika anda belum menambahkan kartu kredit/debit pada akun PayPal anda maka anda akan mendapatkan status alamat yang "Tidak terkonfirmasi". Namun jika anda sudah menambahkan kartu kredit/debit dan menkonfirmasinya sesuai dengan alamat penagihan maka anda mungkin akan mendapatkan status alamat yang "Terkonfirmasi".

Untuk mengecek apakah status alamat PayPal (PayPal Address Status) anda sudah terkonfirmasi (confirmed) ataupun belum (unconfirmed) adalah dengan mengklik link (Classic Interface) dibawah ini dan login untuk mengetahui apakah masih ada alamat anda yang belum dikonfirmasi saat ini (gunakan mode browser):

PayPal Address Confirmation Status:


Jika tidak ada lagi alamat yang perlu dikonfirmasi (semua sudah dikonfirmasi), maka akan ada tampilan seperti dibawah ini (anda juga akan mendapatkan link lainnya seperti informasi "Buyer Reputation Number", "Verification" dst):

3

Status alamat terkonfirmasi adalah status khusus PayPal dimana alamat pengiriman/shipping/home/work/alternate address sama dengan alamat penagihan/billing address kartu kredit (anda harus menambahkan dan menkonfirmasi kartu kredit/debit terlebih dahulu untuk menkonfirmasi alamat). 1 akun PayPal dapat mempunyai lebih dari 1 alamat terkonfirmasi selama itu merupakan alamat penagihan kartu kredit/debit yang sudah dikonfirmasi dan tersimpan di akun PayPal tersebut.


dd 

ss

Sesuai penjelasan pihak PayPal umumnya kebanyakan status alamat penagihan kartu kredit diluar US, sebagian Canada dan UK, serta P.O. BOX untuk saat ini mungkin belum dapat dikonfirmasi (non AVS/Address Verification System). Namun jika bank penerbit kartu (issuer) ataupun pihak PayPal sendiri dapat menkonfirmasi alamat anda (misalnya berdasarkan eksaminasi juga history akun, partial/international AVS dsb) dan juga anda sudah menkonfirmasikan kartu kredit/debit anda dengan PayPal 4 Digit Expuse Code sesuai alamat penagihan, selain mendapatkan status akun PayPal terverifikasi maka anda juga kemungkinan akan bisa mendapatkan status alamat terkonfirmasi.


Pada resi/receipt transaksi pembayaran PayPal biasanya anda juga akan mendapatkan status alamat anda apakah sudah terkonfirmasi atau belum. Kebetulan status alamat pengiriman Indonesia penulis di PayPal sudah "terkonfirmasi" (confirmed) karena sama dengan alamat penagihan kartu kredit/debit lokal penulis yang sudah dikonfirmasi sebelumnya:

gmail-resi-untuk-pembayaran-anda-kepada-teleskop-service-ransburg-gmbhjpg_page1

Jika anda masih mendapatkan status alamat pengiriman "Tidak terkonfirmasi" pada resi transaksi pembayaran PayPal maka kemungkinan anda belum menkonfirmasikan kartu kredit/debit yang terhubung dengan alamat tersebut atau mungkin history akun anda belum dianggap cukup oleh PayPal.

Note: Alamat ganda/identik yang ditambahkan ke akun, alamat pengiriman yang diambil/dicopy ke resi PayPal selain dari alamat terkonfirmasi yang tersimpan di akun PayPal ataupun Ebay (linked Shipping Address) misalnya alamat buyer yang tersimpan di situs merchant ataupun baru saja ditambahkan pada saat checkout (misalnya alternate/gift address), termasuk alamat ganda pada Ebay selain Primary  Shipping Address yang terlink ke PayPal pada saat checkout mungkin akan menjadi alamat yang statusnya tidak terkonfirmasi biarpun alamatnya sama/identik, namun semuanya tetap dapat menjadi alamat pengiriman yang valid sesuai kriteria perlindungan pembeli dan penjual PayPal selama masih tertera di resi pembayaran PayPal.

Khusus untuk setiap alamat pengiriman di akun Ebay kini biasanya statusnya akan selalu dianggap alamat yang terkonfirmasi/none terlepas dari statusnya sudah terkonfirmasi atau tidak di PayPal.

PayPal/Ebay Linked & Confirmed Address:


Biarpun tidak lagi selalu menjadi persyaratan untuk "PayPal/Ebay Seller Protection" namun masih ada beberapa merchant/seller khususnya diluar Ebay yang lebih suka menerima order dari buyer yang tidak hanya terverifikasi namun juga dengan alamat terkonfirmasi PayPal untuk mengurangi resiko kemungkinan fraud/dispute lanjutan dsb atau dengan adanya kartu kredit/debit (aktif) yang terlink ke akun PayPal.

Singkatnya benefit dari status akun PayPal yang sudah terverifikasi dan terkonfirmasi akan lebih meningkatkan kepercayaan Pihak Merchant dan PayPal pada anda dalam mengirim pembayaran dan juga termasuk ketika menerima dan menarik pembayaran sehingga akan mengurangi resiko kegagalan transaksi ataupun masalah limit/batasan lainnya.
Semoga bisa membantu! :)

Catatan:

- Akun PayPal yang belum diverifikasi tetap dapat melakukan transaksi pembayaran, penerimaan dana, serta penarikan dana/withdrawal meskipun dengan jumlah limit/batasan yang lebih terbatas (terakhir untuk akun PayPal Indonesia yang belum terverifikasi maka limit/batas penarikan sekitar $10.000 USD/bulan atau ekivalennya dalam mata uang lain, dan jenis limit dapat berbeda tiap negara) serta beberapa limit/restriksi akun/transaksi lainnya yang diangkat jika akun PayPal sudah terverifikasi. Untuk limit belanja/kirim pembayaran dari kartu kredit/kartu debit yang belum terkonfirmasi dari akun PayPal yang belum terverifikasi dulu adalah $100 USD namun mungkin sekarang sudah tidak lagi untuk akun Indonesia/berubah/berbeda tiap negara/akun sesuai policy and risk analysis/management pihak PayPal.

- Biarpun kartu kredit/debit belum dikonfirmasi namun sambil menunggu dapat kodenya kartu tersebut tetap bisa langsung dipakai transaksi setelah ditambahkan di PayPal (meskipun PayPal mungkin punya limit transaksi tersendiri untuk kartu kredit/debit yang belum dikonfirmasi/akun belum diverifikasi). Beberapa situs yang menggunakan PayPal seperti Ebay juga menyediakan opsi pembayaran kartu kredit/debit lewat PayPal tanpa perlu membuat akun PayPal ataupun dengan payment gateway lain, meskipun sebagian penjual mungkin lebih menyukai pembeli yang mempunyai akun PayPal yang juga sudah terverifikasi.



TAMBAHAN:

CARA VERIFIKASI PAYPAL DENGAN KARTU DEBIT (ATM) BANK PERMATA:

DAFTAR KARTU DEBIT INDONESIA UNTUK PAYPAL DAN BELANJA ONLINE (UPDATE):

Tidak ada komentar: